Pemahaman belajar dan manfaatnya




 Apa sih belajar itu?

      Mungkin kata belajar sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mungkin yang ada di benak kita terlintas adalah bertumpuk-tumpuk buku berada di hadapan kita sebagi bahan untuk dibaca dan di pelajari, sehingga terkesan membosankan. orang yang memiliki pemikiran seperti ini adalah orang yang belum mengerti makna atau arti dari belajar dan juga belum paham akan besarnya manfaat dari belajar. 

Belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Atau bisa  diartikan sebagai segala aktivitas  yang dilakukan oleh setiap individu sehingga tingkah lakunya berbeda dari sebelum  belajar dan sesudah belajar. Perubahan tingkah laku atau tanggapan ini dikarenakan adanya pengalaman baru, memiliki kepandaian/ ilmu setelah belajar, dan aktivitas berlatih.

    Di dalam dunia pendidikan belajar itu sudah menjadikan keharusan bagi semua peserta didik. Sehingga dengan belajar peserta didik dapat bersaing di kancah dunia pendidikan. Tanpa belajar pesrta didik dapat tergeser atau tersingkirkan dari persaingan atau jauh tertinggal dari peserta didik lainnya. Dengan belajar dapat menumbuhkan inovasi yang dapat menumbuhkan perubahan yang positif yang dapat diperlukan didalam dunia pendidikan. tentunya belajar juga harus menyenangkan sehingga tidak terkesan jenuh atau membosankan.

Bagaimana cara belajar yang efektif dan menyenangkan ?

        Belajar efektif adalah  adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa atau peserta didik untuk belajar keterampilan yang spesifik, ilmu pengetahuan, dan juga sikap sehinggan dapat membuat siswa senang. ada beberapa tips didalam belajar yang efektif dan menyenangkan yaitu :

1. Tentukan tujuanmu belajar

yakinkan bahwa setiap orang atau individu pasti memiliki cita-cita, dan kesuksesannya  merupakan dambaan bagi setiap orang yang memiliki cita-cita. oleh karena itu belajar adalah tujuan penting dalam meraih cita-citamu.

Baca juga : Mengenal Online Learning di Sekolah Berkurikulum Internasional

2. Disiplin didalam belajar

Disiplin memang sangat diperlukan didalam belajar. Banyak orang yang mencapai kesuksesannya sebab dari sikap disiplin. Hentikan kebiasaan buruk belajar disaat besok akan ada ulangan atau ujian. Sebab hal ini akan memberatkan kita di saat kita harus menyerap materi pelajaran. Waktu yang efektif didalam belajar dirumah adalah 1-2 jam untuk mengulang pelajaran. Siapa bilang belajar dengan waktu lama bisa bikin tambah pintar?Justru belajar terlalu lama itu tidak baik. karena kita akan kelelahan dan tingkat konsentrasi kita juga akan menjadi kurang efektif.  Oleh sebab itu, kita dapat mengatur waktu dalam hal apa saja yang ingin dipelajari dengan cara membuat daftar belajar beserta waktunya kapan akan di mulai belajar dan kapan waktu istirahat. 

3. Mencari kawan belajar

Setiap manusia pasti memiliki kebiasaan yang berbeda. Ada yang bisa berkonsentrasi dan menyerap pelajaran dengan cara belajar sendiri. Ada pula yang belajar harus dibimbing atau diawasi sehingga akan lebih fokus pada materi belajarnya. Akan tetapi Tidak sedikit pula yang lebih menyukai belajar bersama teman atau secara berkelompok. Suasana menyenangkan dan juga bersemangat akan menjadi salah satu pemicunya. Belajar dengan teman sekelas atau anggota keluarga diyakini dapat menjadikan salah satu poin penting untuk mempermudah kita didalam menyerap bahan pelajaran. Kelebihan lain dari metode ini adalah kita juga dapat mendiskusikan suatu permasalahan atau materi tertentu. didalam belajar berkelompok kita juga dapat saling bertukar pikiran atau pendapat, bertanya jawab,dialok atau bahkan saling mengajari untuk memecahkan soal-soal tertentu. Akan tetapi ada satu hal yang harus di waspadai. Yaitu di saat belajar kelompok dengan orang-orang yang hanya numpang nama saja atau ingin mendapatkan jawabannya saja tanpa melalui proses belajar. Sehingga situasi belajar semacam ini akan menjadi tidak kondusif dan tidak efektif. Jangan membiasakan diri untuk bergantung pada satu orang tertentu dalam menjawab soal-soal saat belajar kelompok. Carilah teman belajar yang serius sehingga di saat situasi belajar berlangsung, kita bisa lebih fokus dalam prosesnya.

4. Ciptakan tempat belajar yang nyaman

Tempat belajar yang nyaman adalah salah satu hal yang bisa mendukung proses belajar kita agar menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Tempat atau lokasi yang dijadikan untuk belajar tentunya yang baik sehingga dapat mempengaruhi kualitas belajar dan bisa membantu kita didalam berkonsentrasi. Situasi belajar yang nyaman tentunya akan membantu otak untuk bekerja lebih prima. Ketika pikiran kita sudah nyaman, maka hati akan turut senang. Sehingga kegiatan belajar akan menjadi terasa lebih khusyuk. Tempat belajar yang nyaman tidak harus luas dan lega. Akan tetapi tempat belajar harus rapi, bersih dan nyaman. sehingga ketika belajar tidak terganggu oleh lingkungan yang tidak nyaman.

5. Minum air putih secara rutin

Sediakan segelas air putih saat sedang belajar, dengan asupan air putih yang cukup dapat membantu kita berkonsentrasi pada saat sedang belajar. Besar sekali manfaat air putih yaitu dapat mengembalikan konsentrasi kita ketika mulai buyar, selain itu manfaatnya adalah dapat membuat badan menjadi sehat, segar dan kembali berkonsentrasi kembali ketika belajar.

6. Buat catatan sendiri

Di saat kita sedang mendengarkan guru sedang menerangkan pelajaran usahakan mencatat atau merangkum di dalam buku apa yang kamu pahami. Tujuannya adalah untuk memudahkan kita dalam mengulang kembali di rumah untuk mempelajari suatu materi yang di sampaikan oleh guru ketika di sekolah. Dengan cara tersebut dapat membantu kita untuk lebih menguatkan daya ingat .

7. Olah raga secara teratur

Dengan ber olah raga selain badan kita dapat menjadi sehat, bugar dan tentunya dengan keadaan badan kita yang sehat, otak kitapun akan menjadi fres atau segar kembali dalam berkonsentrasi ketika proses belajar. Olah raga tidak perlu yang berat, cukup yang ringan-ringan saja seperti lari-lari ditempat, lompat tali, atau senam aerobik sendiri dirumah.

8. Manfaatkan istirahat

Istirahat memang perlu dilakukan, tidak mungkin otak manusia mampu bekerja maksimal seharian. Oleh karena itu manfaatkan istirahat dengan releks atau santai bisa sambil mendengarkan musik dan makan cemilan dan minum jus buah segar. Setelah istirahat dijamin otak kita akan kembali fres atau segar dan dapat berkonsentrasi kembali 

9. Do'a

Selain cara atau metode yang diuraikan di atas, adalah do'a. Dengan berdo'a sebelum dan sesudah kita melakukan kegiatan dapat membuat batin kita menjadi tenang, dan damai. Kekuatan yang paling ampuh untuk membuat kita sanggup menghadapi segala cobaan adalah dengan berdo'a. Oleh karna itu dekatkanlah kita pada Sang Maha Pencipta Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon perlindungannya dalam menghadapi segala hal dan dapat menjadikan hati kita menjadi tenang, selain itu juga dapat menjadi bukti rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.


Mungkin itu sekiranya sedikit tips pemahaman belajar serta manfaatnya, semoga dapat membantu.


salam..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Pemahaman belajar dan manfaatnya